Tips Membuka Bisnis Makanan Beku Yang Menguntungkan

170 views

Makanan beku adalah bahan makanan yang dibekukan dengan tujuan untuk mengawetkanya. Makanan yang kadar airnya dibekukan dapat memperlambat proses berkembangbiak dari bakteri merugikan. Kini dikenal dua teknik mekanik dan kriogenik. Semakin cepat proses pembekuan makan semakin bagus untuk bahan makanan. Karena pembekuan yang lambat menimbulkan partikel es yang besar sehingga merusak tekstur dari bahan itu sendiri. Untuk pembekuan tercepat yang umum digunakan adalah mengunakan nitrogen cair.

Teknik menyimpan makanan dengan dibekukan sebenarnya sudah dikenal sejak dahulu. Dahulu yang dibekukan berupa makanan mentah seperti ikan dan daging. Kini setelah berselang beberapa waktu proses pembekuan mulai diterapkan pada semua bahan makanan.

 

Frozen Food Di Mall

Frozen Food Di Mall

Bisnis makanan beku atau frozen food bisa dibilang memiliki prospek yang sangat bagus. Hampir di setiap toko bahan makanan menyediakannya. Makanan beku dinilai lebih praktis dibanding harus membeli bahan mentah. Meskipun sama – sama bisa di simpan dalam freezer, makanan beku yang ada sekarang untuk mengolahnya cukup dengan menghangatkan jadi lebih praktis.

Dengan permintaan pasar yang cukup besar, bisnis makanan beku kini mulai digeluti oleh pengusaha rumahan. Meskipun dikerjakan secara home industri, kualitas produknya tidak kalah dengan pabrik. Jika anda tidak meiliki modal yang cukup, tenang saja kini sudah banyak bermunculan produsen makanan beku yang menyediakan sistem franchise. Jadi disini tugas anda hanya menjadi reseller makanan beku.

Bisnis Makanan Beku yang Menguntungkan

Persiapan Usaha

Syarat utama berjualan makanan beku adalah freezer. Karena tanpa freezer makanan beku akan cepat membusuk. Belilah freezer untuk daging, karena freezer type ini lebih cepat membekukan makanan dari pada freezer rumahan.
Kemudian pilih tempat berjualan yang strategis. Anda dapat menyewa ruko yang dekat dengan keramaian. Bisa di dekat pasar, mall, atau fasilitas umum lainya. Meskipun harga sewa mahal, namun sebanding dengan hasilnya nanti.

Agar cepat laku, sebelumnya lakukan riset pasar. Saat awal berjualan, sebaiknya jangan langsung mengambil dalam porsi banyak dahulu. Ambil dalam jumlah sedikit namun dengan varian yang bermacam. Dari sini anda akan mengetahui makanan beku mana yang cepat laris.

Baca Juga : Usaha Rumahan Makanan Ringan Dengan Untung Besar

Untuk Mendapatkan makanan beku anda dapat bekerja sama dengan produsen. Sistem kerjasama yang adabiasanya dalam bentuk distributor atau franchise. Pilih yang menurut anda paling sesuai dengan budget. Namun saya labih menyarankan sistem franchise. Karena kebanyakan pada sistem franchise saat awal kerjasama sudah mendapat pinjaman freezer.

Teknik Pemasaran

Hal utama yang perlu diperhatikan adalah kualitas produk. Cek selalu masa kadaluarsa produk makanan beku yang dijual. Makanan beku umumnya hanya bertahan 3 bulanan. Jadi jangan sampai makanan beku yang anda jual pada pelanggan dalam kondisi kadaluarsa, karena sangat mempengaruhi reputasi anda.

Tingkatkan terus layanan anda untuk konsumen. Delivery servise patut diperhitungkan, lebih bagus lagi jika layanan tersebut free. Untuk meningkatkan minat pembeli buatlah website yang menjelaskan produk – produk anda. Mungkin cukup merepotkan namun dengan adanya website nilai penjualan anda dapat meningkat cukup signifikan.

Lakukan ekpansi bisnis, tentu suatu bisnis harus berkembang. Untuk mempertahankan kualitas pelayanan saat bisnis makanan beku anda sudah terkenal yang harus anda lakukan adalah mulai mempekerjakan karyawan. Terutama untuk urusan delivery.

Tags: #Usaha Rumahan