Peluang Usaha Ternak dengan Modal Sedikit Profit Berbukit Bukit

418 views

Omgendut.com – Perekonomian sekarang ini memang memiliki perkembangan yang tengah lesu meskipun penduduk Indonesia memiliki ratusan juta jiwa. Akan tetapi masih ada banyak sekali peluang usaha ternak yang bisa Anda lakukan.

Data statistik menunjukkan pertumbuhan jumlah penduduk yang semakin tahun semakin bertambah pesat. Akan tetapi area pertanian justru semakin tahun semakin berkurang. Alhasil terdapat kesenjangan antara permintaan dengan penawaran yang ada.

Ternak ini nantinya akan diproduksi menjadi bahan makanan yang mau atau tidak mau, semua manusia yang masih hidup menginginkan makan yang layak. Berikut ini beberapa ide bisnis ternak yang bisa Anda kerjakan dengan mudah dan tentu memiliki margin profit yang lumayan tinggi.

Ide Peluang Usaha Ternak yang Layak dijadikan Bisnis

Usaha ternak yang menguntungkan

Usaha Ternak Sapi

Peluang Usaha Ternak Kambing

Peluang usaha ternak kambing ini memiliki banyak sekali target pasar yang ada seperti untuk keperluan daging sate, ataupun untuk keperluan aqiqah yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat perkotaan.

Usaha peternakan kambing ini dapat ditingkatkan menjadi bisnis dengan manajemen yang baik. Umumnya usaha ternak ini terdapat kelompok ternak yang berisi puluhan ternak. Peternak kambing umumnya menggunakan satuan rit untuk setiap penyebutan 75 ekor kambing yang digembalakan.

Anda dapat beternak kambing dengan fokus pada penggemukan setiap satu rit yang mana proses waktu yang dibutuhkan hanya satu bulan. Bulan berikutnya beternak dengan satu rit kambing yang akan digemukkan. Keuntungan yang didapatkan dari peternakan kambing ini adalah dengan selisih kenaikan berat dikalikan selisih harga beli dan harga jual kambing tersebut.

Perhitungan keuntungan yang didapatkan dari penggemukan satu rit kambing umumnya dapat menghasilkan profit bersih sekitar 9 juta rupiah. Sedangkan omzet yang dapat dicapai dari penggemukan kambing ini dapat mencapai minimal hingga 44 juta rupiah.

Selain itu, Anda juga bisa beternak kambing susu seperti jenis kambing etawa yang mana produk yang dihasilkan berupa susu kambing. Sedangkan untuk harga setiap liter susu kambing di beberapa daerah relatif tinggi.

Peternak kambing susu umumnya membudidayakan beberapa ekor kambing dalam kandang yang telah tersekat-sekat. Setiap sekatnya hanya diisi oleh satu ekor kambing. Umumnya dalam satu kandang terdapat sekitar 15 ekor kambing yang siap diperah susunya.

Setiap bulan profit bersih dari satu kandang kambing yang berisikan 15 ekor kambing dapat menghasilkan profit bersih sekitar 11 juta rupiah untuk jumlah paling sedikitnya. Adapun modal yang harus Anda keluarkan hanyalah bibit kambing, dan kandang saja. Sedangkan biaya operasionalnya relatif murah yakni hanya membutuhkan rumput dan dedak. Serta bisa juga ditambahkan dengan molases.

Peluang Usaha Ternak Ayam Pedaging

Bisnis peternakan ayam pedaging atau dikenal dengan nama broiler ini sangat mudah dijumpai di pinggiran perkotaan. Bisnis ini memiliki ciri khas terkenal mudah dijalankan dengan potensi keuntungan yang menggiurkan.

Apalagi permintaan kebutuhan daging ayam kambing masyarakat Indonesia sangat besar. Terutama menjelang idul fitri dimana permintaan broiler meningkat pesat, alhasil harga jual per kilogramnya pun meningkat.

Tidak ada salahnya untuk mencoba usaha ternak ayam pedaging dengan modal yang Anda butuhkan hanya biaya untuk membangun kandang yang berkapasitas hingga ribuan ekor. Anda dapat bekerja sama dengan perusahaan peternakan yang menyediakan supply bibit ayam, pakan ayam beserta gizi tambahan.

Selain itu biaya variabel yang harus dikeluarkan setiap bulannya hanya beberapa saja seperti biaya gaji untuk anak kandang, biaya gas untuk penghangatan suhu di dalam kandang, serta biaya listrik. Mudah sekali bukan?

Peluang Usaha Ternak Sapi

Salah satu bisnis peternakan yang layak untuk dijadikan bisnis dengan tingkat keuntungan yang besar adalah usaha ternak sapi. Permintaan daging sapi untuk masyarakat Indonesia masih sangat tinggi, bahkan ada sebagian daging sapi yang harus diimpor untuk memenuhi kebutuhan daging domestik. Impor daging sapi ini dipenuhi dari negara Australia dan ataupun India.

Puncak kenaikan harga daging sapi terjadi pada saat akan menjelang hari raya Idul Adha. Puluhan ribu kaum muslimin membeli daging sapi untuk dikurbankan. Pada momen inilah keuntungan dalam bisnis sapi ini akan sangat meningkat. Jika harga normal per kilogram sapi berkisar di angka 80 ribu rupiah, pada saat momen idul adha harga daging sapi dapat mencapai hingga 120 ribu rupiah.

Selain itu usaha peternakan sapi ini juga mendapat dukungan dari pemerintah Indonesia. Saat ini banyak sekali program pemerintah untuk menggalakan peternakan sapi dengan pemberian bibit sapi secara gratis baik itu di desa maupun di daerah terpencil.

Selain itu banyak pula kegiatan pelatihan dan pemberian modal usaha gratis berupa bibit sapi unggul kepada siapapun yang mau beternak sapi. Hal ini dilakukan pemerintah dengan tujuan untuk mengurangi jumlah daging sapi yang diimpor.

Peluang Usaha Ternak Lele

Selain itu sektor perikanan juga dapat dijadikan sebagai ide bisnis Anda. Salah satu perikanan yang banyak diminati masyarakat Indonesia adalah lele. Kebutuhan daging lele banyak sekali terutama di kota kota besar yang banyak menjual pecel lele. Selain itu banyak resto atau warung makan yang menyediakan menu olahan daging lele.

Adapun masa panen lele yang dibutuhkan relatif singkat yakni hanya membutuhkan waktu kurang dari tiga bulan. Selain itu Anda hanya menyediakan kolam ikan lele yang bisa Anda bangun dengan menggunakan terpal.

Selain itu, Anda juga bebas memberikan pakan ternak lele dengan makanan apapun. Karena pada dasarnya lele ini termasuk binatang omnivora yang doyan memakan beragam jenis makanan. Tetapi umumnya peternak lele memiliki pakan khusus terutama untuk ternak lele yang masih berusia beberapa minggu.

Baca Juga Budidaya Lele Kolam Dengan Terpal Yang Menghasilkan

Peluang Usaha Ternak Kakap

Selain budidaya lele, Anda juga dapat mengambil peluang bisnis ternak kakap. Ikan kakap merupakan makanan favorit yang diminati banyak orang. Daging dari ikan kakap ini memiliki cita rasa kuliner yang akan membuat Anda ketagihan. Adapun harga ikan kakap di tingkat konsumen pada umumnya relatif tinggi.

Artinya terdapat peluang yang cukup besar untuk budidaya ternak kakap. Modal yang Anda keluarkanpun juga bisa diputar setelah investasi yang Anda keluarkan telah balik modal.

 

Peluang Usaha Ternak Udang

Selain budidaya ternak kakap dan lele, Anda juga bisa mengambil keuntungan bisnis ternak udang. Pangsa pasar udang ini masih sangat luas baik itu untuk memenuhi kebutuhan udang domestik dalam negeri ataupun Anda dapat mengekspor udang ke mancanegara.

Saat ini tidak sedikit pengusaha yang sukses hanya berbekal ternak udang. Syaratnya memang hanya berkemauan keras serta disiplin dalam bermanajemen. Alhasil peluang usaha ternak udang merupakan salah satu ide bisnis yang cukup menggiurkan.

Peluang Usaha Ternak Lebah Madu

Madu merupakan makanan yang terkenal memiliki banyak sekali khasiat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh manusia. Sekarang ini banyak sekali iklan yang menawarkan madu dengan berbagai khasiat, serta varian rasa.

Madu ini sangat digandrungi oleh banyak orang semenjak dahulu kala. Karena rasanya yang manis dan membuat sehat tubuh menjadi satu dari sekian banyak alasan mengapa orang mengkonsumsi madu setiap harinya.

Anda dapat mencoba bisnis ternak lebah madu dengan memanfaatkan area lahan yang masih kosong. Adapun margin keuntungan yang akan didapatkan umumnya sangat besar bahkan lebih dari tiga kali lipat modal usaha.

Peluang Usaha Ternak Ayam Petelur

Selain kebutuhan daging ayam yang sangat tinggi, masyarakat Indonesia juga sering mengkonsumsi telur setiap harinya. Hal ini tercermin dalam data statistik penjualan telur di BPS. Selain itu banyak sekali penjualan telur di warung ataupun toko sembako dalam jumlah yang lumayan tinggi setiap tahunnya.

Adapun variasi menu makanan yang dihasilkan dari telur ini dapat berupa telur rebus, telur goreng ataupun bisa dicampur dengan mie menjadi omelet. Selain itu, telur ini juga dibutuhkan pada saat proses pembuatan roti agar memiliki cita rasa dan kekenyalan yang lumayan.

Oleh karena itulah masih terbuka lebar potensi peluang usaha ternak ayam petelur yang bisa Anda ambil. Adapun modal yang dibutuhkan memang tidaklah sedikit, Anda perlu membangun kandang dengan ukuran yang luas agar dapat menampung ribuan ekor ayam petelur.

Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung

Ayam kampung bagi masyarakat yang masih tinggal didesa merupakan hal yang sangat lumrah untuk dibudidayakan. Bahkan boleh jadi sudah menjadi kebiasaan bagi penduduk desa untuk memelihara ayam kampung.

Pada awalnya memang hanya beternak sepasang ekor ayam kampung, akan tetapi lambat laun ayam kampung tersebut berkembang biak hingga puluhan ekor.

Umumnya para bakul ayam kampung akan mendatangi peternak ayam kampung untuk membeli dengan harga yang disepakati. Adapun harga ayam kampung yang ada umumnya cukup tinggi dibandingkan dengan ayam pedaging biasa.

Usaha ternak ayam kampung ini juga bisa dikombinasikan dengan ternak ayam petelur dan ataupun dengan ternak ayam pedaging.

Selanjutnya Peluang usaha Budidaya Ayam Kampung Super yang Menguntungkan

Peluang Usaha Ternak Nila

Ikan nila adalah jenis ikan yang sangat disukai banyak orang karena berbagai variasi menu olahan ikan nila. Bahkan tidak sedikit warung dan resto yang menyediakan menu olahan ikan nilai. Adapun harga jual ikan nila relatif sangat tinggi dan permintaan yang cukup stabil sepanjang tahun.

Bagi Anda yang tengah mencari peluang usaha dengan hasil yang menguntungkan, maka Anda dapat berinvestasi membangun kolam sebagai tempat peternakan ikan nila.

Peluang Usaha Ternak Belut

Usaha ternak belut ini relatif mudah dijalankan selain itu juga sangat menguntungkan. Modal yang dibutuhkan pun relatif kecil. Selain itu untuk beternak belut juga tidak membutuhkan lokasi yang luas, untuk lokasi yang sempit pun bisa Anda usahakan.

Selain itu untuk beternak belut Anda juga bisa menggunakan drum bekas. Selanjutnya Anda tinggal memberikan bibit belut ke dalam drum tersebut.

Peluang Usaha Ternak Burung Puyuh

Bisnis ternak burung puyuh merupakan salah satu usaha yang digemari. Selain itu permintaan akan telur burung puyuh juga sangat digemari berbagai lapisan masyarakat. Adapun harga jual per satu kilogram telur burung puyuh sebesar 25 ribu rupiah.

Anda dapat menjual telur burung puyuh ke warung terdekat ataupun menerapkan sistem titip jual. Selain dari telur burung puyuh juga bisa dilakukan dengan menjual daging puyuhnya ke warung warung yang menyediakan menu burung puyuh.

Peluang Usaha Ternak Burung Walet

Bisnis peternakan burung walet masih menjadi salah satu peluang usaha yang sangat mudah dijalankan. Selain itu memiliki keuntungan yang lumayan untuk mengisi kantong Anda. Sudah banyak orang yang sukses menjadi jutawan dengan usaha ternak sarang burung walet.

Apalagi pangsa ekspor masih terbuka sedemikian lebarnya terutama ke pasar negeri China. Adapun harga ekspor tentu jauh lebih tinggi dibandingkan dengan harga domestik. Anda dapat menjadikan usaha ini sebagai usaha sampingan dengan hasil yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Adapun rincian modal usaha yang diperlukan meliputi gedung kosong sebagai tempat sarang burung walet. Selain itu juga membutuhkan peralatan suara pemanggil burung walet, sekat-sekat dan lainnya. Walaupun bisnis burung walet ini membutuhkan modal yang besar, akan tetapi keuntungannya pun juga besar.

Bahkan air liur dari burung walet yang kelak akan menjadi sarang juga bisa dijual dengan harga puluhan juta rupiah untuk setiap satu kilogram sarang burung walet.

Peluang Usaha Ternak Burung

Ada berbagai jenis burung yang bisa Anda ternakkan. Akan tetapi yang populer sekarang hanya beberapa jenis spesies. Salah satunya adalah love bird.

Bisnis ini dapat dijalankan dengan baik walaupun Anda menjadikan ternak ini usaha sampingan. Selain itu permintaan masyarakat pencinta burung juga relatif tinggi. Alhasil usaha ternak ini dapat menjadi alternatif yang menggiurkan.

Peluang Usaha Ternak Jangkrik

Semakin banyak penghobi yang mengkoleksi burung tentu membutuhkan konsumsi jangkrik yang tidak sedikit pula. Selain itu banyak pedagang burung yang memiliki puluhan hingga ratusan ekor burung, tentu juga membutuhkan jangkrik yang tidak sedikit. Pakan burung umumnya menggunakan jangkrik karena kaya akan kandungan protein.

Selain itu proses budidaya ternak jangkrik juga relatif mudah selama bibit dan lokasi kandang jauh dari keramaian kota. Adapun margin profit yang didapatkan pun sangat tinggi bahkan bisa mencapai hingga beberapa ratus persen dari modal yang Anda keluarkan.

Selain dari usaha ternak yang telah disebutkan diatas, masih banyak sekali ternak yang cocok untuk dijadikan sebagai lahan bisnis. Adapun hewan yang bisa diternak antara lain seperti kelinci, bebek, marmut, tokek, ikan arwana, ulat sutra, belatung, lintah, dan hewan lainnya.

Pada umumnya hasil yang didapatkan dari usaha ternak ini dapat berupa daging maupun telur yang laku dijual. Tidak semua usaha ternak memiliki prospek yang bagus pada suatu wilayah area tertentu, ada sebagian yang sangat disukai karena masyarakat wilayah tersebut gemar mengkonsumsi daging tersebut.

Selain itu jumlah pengusaha di Indonesia relatif masih sangat sedikit sekali. Idealnya suatu negara terdapat 2% pengusaha dari 100% populasi negara tersebut. Jika Anda berminat mengambil salah satu dari sekian banyak peluang usaha ternak, maka secara tidak langsung Anda turut membantu pemerintah dalam penyediaan kebutuhan pangan.

Selain tentunya Anda mendapatkan profit yang tidak sedikit. Terlebih jika Anda mempekerjakan beberapa orang. Maka dampak sosial dari usaha ternak Anda akan membantu beberapa keluarga.

Untuk dapat sukses dalam usaha ternak tentu membutuhkan ilmu dan kedisiplinan yang baik. Perlu adanya ilmu untuk menguasai dasar dasar memelihara ternak. Kedisiplinan dalam manajemen ternak juga diperlukan agar tata kelola usaha ternak Anda baik. Selain itu perlu disiplin dalam manajemen terkait dengan arus dana keuangan, agar usaha Anda selalu terdapat cashflow yang cukup.

Tags: #Budidaya #Ternak