Panduan dan Tips Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

2546 views

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan – Jika Anda hendak melamar kerja, seringkali Anda dibingungkan dengan surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja ini merupakan hal mutlak yang Anda buat pertama kali sebagai kelengkapan mutlak ketika hendak melamar pekerjaan.

Ketika Anda ingin membuat surat lamaran kerja dengan cara tuis tangan, Anda dapat menuliskannya di kertas folio bergaris dan ditulis dengan tinta hitam. Adapun isi surat lamaran kerja ini pada dasarnya sama dengan surat lamaran kerja yang diketik dengan menggunakan komputer.

 

Kelebihan Menulis Surat Lamaran Kerja dengan Tulisan Tangan

Ada beberapa kelebihan dari surat lamaran kerja yang menggunakan tulisan tangan. Meskipun untuk mereka yang baru pertama kali menulis surat lamaran kerja terkadang heran dan bingung apa saja sih kelebihan contoh surat lamaran kerja tulis tangan.

Berikut ini kelebihan dari surat lamaran kerja dengan cara manual tulis tangan yakni:

Pertama, Anda tidak memerlukan peralatan yang ribet seperti menggunakan komputer ataupun printer untuk mencetak surat lamaran kerja Anda. Anda hanya membutuhkan peralatan sederhana seperti kertas folio bergaris, serta ballpoin dengan tinta berwana hitam. Jadi semua orang dapat membuat surat lamaran kerja dengan tulisan tangan sendiri.

Kedua, mayoritas perusahaan lebih menyukai surat lamaran kerja yang ditulis tangan untuk dapat menilai karakter dari si pelamar kerja.

 

Kekurangan Menulis Surat Lamaran Kerja dengan Tulisan Tangan

Selain memiliki kelebihan dalam contoh surat lamaran kerja tulis tangan juga memiliki beberapa kekurangan seperti berikut:

Pertama, seringkali dalam penulisan surat lamaran kerja terjadi beberapa kesalahan penulisan kata sehingga harus dihapus ataupun menulis ulang dari awal guna mendapatkan surat lamaran kerja yang baik dan benar serta rapi.

Kedua, Anda harus melakukan pengecekan ekstra hal ini dikarenakan pihak perusahaan tentunya akan menilai buruk jika surat lamaran kerja Anda terlihat tidak rapi.

Ketiga, pengaturan batas margin hanya bisa Anda lakukan dengan cara manual menggunakan penggaris.

 

 

Panduan Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Berikut ini beberapa panduan contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang bisa Anda lakukan didalam setiap surat lamaran kerja Anda.

  1. Gunakan bahasa yang formal sesuai Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) denga pemilihan kata ataupun rangkaian kalimat yang sopan.
  2. Aturlah margin surat lamaran kerja Anda agar terlihat rapi dengan memberikan Batasan kiri dan kanan melalui penggaris.
  3. Tulislah perlahan dan hati hati agar tidak ada kesalahan penulisan
  4. Usahakan setiap kali Anda menulis agar tidak ada tulisan yang dicoret ataupun bekas penghapus.
  5. Selain itu usahakan setiap lembaran kertas folio bersih dari noda, serta tiak ada coretan ataupun terlipat-lipat.
  6. Tulislah surat lamaran kerja dengan menulis serapi mungkin.

Nah dari penjelasan diatas tentu Anda sudah mengerti bagaimana cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar agar lamaran Anda memberikan kesan baik kepada perusahaan.

Berikut Contoh Tulisan Tangan Surat Lamaran Kerja Umum

 

Contoh Surat Lamaran Tulis Tangan

Contoh Surat 1

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja

Meskipun banyak sekali lamaran kerja yang setiap hari terpampang di koran, namun tidak sedikit orang yang belum memahami bagaimana cara menulis surat lamaran kerja. Selain itu masih banyak sekali surat lamaran yang ditulis ataupun diketik dengan berbelit-belit dan membuat bosan siapapun yang membaca surat lamaran kerja.

Hal yang paling penting dan fundamental dalam menulis surat lamaran berada pada bagian pembukaan yang dikirim bersama dengan informasi curriculum vitae (CV) Anda. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan dalam menulis contoh surat lamaran kerja tulis tangan:

1. hindari menulis ulang yang ada di CV

Surat lamaran kerja seharusnya menjelaskan apa pencapaian si pelamar dan beberapa hal yang ada di CV. Akan tetapi usahakan untuk tidak membuatnya sama persis dengan apa yang ada di dalam CV. Anda dapat merangkum pencapaian dan data singkat Anda dengan menggunakan kata-kata yang menarik.

2. perhatikan paragraf pertama dan paragraf terakhir

Anda sebaiknya memperhatikan paragraf pertama dan yang paling akhir dalam surat lamaran keja Anda. Pastikan pada paragraf pertama tidak menggunakan kata yang berbelit-belit dan langsung masuk ke dalam pokok bahasan.

Paragraf pertama harus jelas dan terperinci selain itu harus menjual. Sedangkan untuk paragraf terakhir Anda harus terlihat tegas dan meminta perusahaan untuk menghubungi jika tertarik dengan surat lamaran kerja Anda. Jangan sampai Anda menuliskan paragraf terakhir yang terkesan mengambang.

3. Bahas Seputar Perusahaan

Sebelum Anda menulis surat lamaran kerja, pastikan Anda sudah terlebih dahulu melakukan beberapa riset kecil terkait perusahaan yang akan Anda lamar. Pihak perusahaan tentu akan senang ketika si pelamar sudah mengetahui beberapa hal seputar perusahaannya. Akan tetapi hindari penulisan yang memiliki kesan bertele-tele.

4. Jangan Sebutkan Semua Kemampuan

Anda tidak perlu menyebutkan secara terperinci dan detail tentang segala kemampuan ataupun ketrampilan yang Anda miliki. Sebab hal tersebut sudah secara detail terpampang didalam CV yang Anda lampirkan.

Anda dapat menyebutkan beberapa kemampuan dan pengalaman yang menurut Anda terbaik dan sesuai dengan posisi lamaran kerja yang Anda incar.

5. Tanda Tangani Surat Lamaran Kerja Anda

Jangan sampai Anda lupa untuk menandatangani surat lamaran kerja yang telah Anda buat. Pastikan Anda memeriksa apakah tanda tangan Anda sudah ada ataukah belum. Tidak sedikit pelamar kerja yang kelupaan menandatangani surat lamaran kerjanya.

Beberapa hal diatas perlu Anda perhatikan ketika akan menuliskan contoh surat lamaran kerja tulis tangan. Pastikan Anda menulis surat lamaran kerja yang mencerminkan pengalaman dan kemampuan Anda selama ini.

Download Contoh Tulisan Tangan Surat Lamaran Kerja Umum Di bawah ini

Tags: #Contoh Surat #Surat Lamaran Kerja

Author: 
    author
    No related post!