Nikmatnya Usaha Rumahan Bawang Goreng

98 views

Bawang goreng merupakan salah satu bahan pelengkap yang selalu ada pada setiap masakan. Bahkan makanan akan terasa hampar bila tidak ada bawang goreng di dalamnya. Dahulu masyarakat umumnya menggoreng sendiri bawang untuk dibuat bawang goreng. Namun dengan berkembangnya jaman kini bawang goreng dapat anda temukan di toko – toko dalam bentuk kemasan. Bisnis bawang goreng bisa dibilang memiliki pasar yang cukup menjanjikan dengan kerugian yang rendah. Bahkan kini bawang goreng sudah diekspor ke negara tetangga.

bawang goreng

bawang goreng

Meskipun resiko kerugianya kecil, tetap saja butuh trial dan error untuk menjalankan bisnis ini. Salah satu kendalanya adalah bawang goreng yang disimpan terlalu lama biasanya tidak renyak lagi atau melempem. Ditambah lagi jika bawang goreng tersebut tidak laku biasanya akan berasa pahit dan tidak sedap lagi. Untuk mengatasinya anda dapat mengunakan bahan – bahan yang baik dan proses pengemasan yang tepat.

Usaha bawang goreng sangat cocok untuk ibu rumah tangga dan karyawan yang membutuhkan bisnis sampingan. Dengan modal awal yang kecil dan untung besar. Selain itu proses pembuatanya cukup mudah dan tidak membutuhkan tenaga yang besar. Namun sebelum anda memulai usaha rumahan ini ada baiknya difikirkan dahulu ketersediaan bahan, prospek pasar, dan harga bahan baku di daerah anda. Untuk lebih jelas mengenai prosesnya dapat anda lihat dibawah ini.

Peralatan Yang Harus Disiapkan :

  1. Penggorengan (Wajan Ukuran Besar)
  2. Pisau atau alat pemotong bawang yang banyak dipasaran.
  3. Alat Peniris Minyak
  4. Bungkus alumunium

Bahan Yang Harus Disiapkan :

  1. Bawang Merah
  2. Tepung Maizena

Proses pembuatan Bawang Goreng

  1. kupas dan bersihkan bawang merah, kemudian iris tipis – tipis. Untuk memudahkan proses ini anda dapat menggunakan alat khusus untuk mengiris bawang yang ada di pasaran.
  2. Bawang yang sudah diiris tipis tipis diberi tepung dan sedikit garam kemudian digoreng pada api kecil. Hal ini dimaksudkan agar bawang tidak gosong. Aduk terus hingga bawang goreng berwarna keemasan.
  3. Bawang yang sudah di goreng di tiriskan minyaknya. Bisa secara manual ataupun menggunakan mesin peniris keripik. Biarkan hingga benar – benar dingin.
  4. Bungkus bawang goreng yang sudah dingin pada wadah alumunium. Usahakan saat memasukkan bawang goreng tangan dan alat dalam keadaan steril (bersih). Agar bawang goreng lebih awet dan tidak mudah menjamur.

Proses Pemasaran

Tahap pemasaran merupakan tahap paling penting dari bisnis ini. Untuk pemasaran produk dapat dimulai dari warung dan toko terdekat. Atau bisa juga dengan teknik door to door. Jangan lupa memasarkanya juga lewat social media seperti facebook, twitter dan lainya. Saat bisnis sudah memiliki banyak konsumen dan permintaan, anda dapat menerapkan sistem Franchise.

Tags: #Usaha Sampingan

Author: 
    author
    No related post!