Ide Usaha Kecil yang Menjanjikan, Cocok bagi Pengusaha Pemula Agar Sukses Merintis Bisnis

Sekarang ini banyak peluag bisnis usaha dengan modal sedikit akan tetapi sangat menguntungkan. Selain itu profit yang akan didapatkan juga memiliki penghasilan yang besar. Hal ini sangat cocok bagi pengusaha pemula yang baru ingin merintis usaha.

 

Peluang untuk meraih sukses dengan usaha kecil yang menjanjikan masih terbuka sangat lebar. Terlebih ketika Anda mencermati data ideal pengusaha di suatu negara. Indonesia sendiri masih memiliki sedikit pengusaha dibandingkan angka ideal yang berada pada angka 2%.

 

Selain itu pertumbuhan Usaha Kecil dan Menenga di Indonesia sangat memiliki peranan penting. Terlebih juga banyak berkontribusi cukup besar dalam peningkatan perekonomian bangsa. Selain itu UKM ini yang mampu bertahan ketika krisis moneter terjadi.

 

Banyak sekali peluang bisnis dan usaha yang cocok bagi Anda yang memiliki modal kecil. Akan tetapi Anda perlu menjual kreativitas dan inovasi Anda kepada calon konsumen. Agar usaha kecil Anda mampu tetap bersaing meskipun berada pada gempuran era ekonomi global. Baik dimasa sekarang maupun masa depan.

 

Analogi yang tepat untuk pengusaha modal kecil ibarat pemancing dengan sedikit umpan yang tengah memancing di area perairan yang uas. Anda harus cerdas dalam menarik perhatian ikan dengan umpan yang kecil.

 

Rekomendasi Usaha Kecil yang Menjanjikan

usaha Warung Kopi

Usaha Warung Kopi

 

1.    Usaha Gorengan

 

Usaha gorengan ini membutuhkan modal yang sedikit dengan menjual produk gorengan. Hal ini layak untuk dipertimbangkan karena potensinya yang sangat besar. Terlebih masyarakat Indonesia masih banyak yang gemar makan cemilan terutama beragam gorengan.

 

Adapun besar modal untuk memulai bisnis gorengan ini sangat mudah dan cukup terjangkau. Pada dasarnya peralatan yang diperlukan memasak pun masih dapat menggunakan peralatan dapur yang telah Anda miliki sebelumnya.

 

Selain itu Anda dapat belanja bahan baku gorengan dengan cukup mudah karena bahan bahan ini bisa Anda dapatkan di warung-warung sekitar kita. Ataupun Anda dapat berbelanja ke pasar tradisional terdekat dari rumah Anda.

 

Bahan baku yang paling mahal dalam bisnis gorengan ini adalah minyak goreng. Terlebih ketika Anda menggunakan minyak goreng untuk sekali pakai. Walaupun pada umumnya banyak sekali pedagang gorengan yang biasa menggunakan minyak berkali kali.

 

Selain itu Anda juga perlu memikirkan strategi serta analisa usaha gorengan ini dengan memasukkan segala modal yang Anda gunakan. Pada umumnya profit dari bisnis gorengan ini dapat mencapai 30% hingga 50%.

 

Usaha Kecil yang Menjanjikan ini bukan tidak memiliki resiko, satu-satunya resiko yang akan Anda hadapi adalah gorengan yang sisa. Terlebih ketika pada musim penghujan dimana banyak orang enggan keluar rumah.

 

2.    Usaha Minuman Coklat

 

Sekarang ini banyak sekali bertebaran gerai gerai minuman yang menjual berbagai aneka produk minuman yang bisa Anda minum secara instan. Proses pembuatannya pun sangat mudah, Anda tinggal memasukkan bubuk minuman ke dalam blender, kemudian masukkan air dan es. Lalu blender beberapa menit. Voila, minuman dengan cita rasa khas telah dapat Anda nikmati. Mudah sekali bukan?

 

Anda dapat mengambil usaha minuman coklat dengan berbagai varian rasa yang bisa Anda jual. Anda juga bisa mengambil usaha waralaba minuman, selain lebih mudah, Anda juga akan diberi petunjuk bagaimana memulai usaha minuman bubuk ini.

 

Terlebih jika Anda tinggal pada era yang cukup strategis seperti area kampus, sekolah ataupun tempat wisata. Selain itu Anda juga bisa menyewa booth di supermarket ataupun mall, hal ini bisa dimaklumi meskipun harga sewa relatif tinggi, tetapi produk yang Anda jual pun dapat berkali kali lipat dibandingkan di lokasi lainnya. Minuman Coklat ini termasuk ke dalam usaha kecil yang menjanjikan.

 

3.    Usaha Minuman Jus Buah

 

Usaha minuman jus buah buahan ini banyak sekali menjamur di beberapa kota. Hal ini bisa disebabkan oleh kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi buah-buahan. Salah satu cara praktisnya adalah dengan minum jus buah.

 

Usaha kecil yang menjanjikan ini memerlukan tempat yang tidak terlalu luas, selain itu Anda juga membutuhkan semacam booth etalase dari kaca yang transparan. Dua buah blender, serta beberapa pack kemasan jus buah dan beberapa pack sedoan.

 

Selain itu, kini telah ada mesin pembuat tutup pada kemasan minuman gelas. Adapun motif kemasan tutup plastik tersebut juga bisa dikustomisasi sesuai keinginan dan selera penjual. Mesin pengemas tutup kemasan tersebut lebih praktis dibandingkan Anda menggunakan tutup dari wadah kemasan yang bisa jadi lebih mudah untuk tumpah.

 

4.    Usaha Dropship

 

Anda juga bisa memulai usaha dengan sistem dropship, modal yang Anda butuhkan pun sangat sedikit. Anda cukup punya koneksi internet dan smartphone. Selain itu Anda juga perlu mencari penjual yang menawarkan dropship bagi resellernya.

 

Tidak sedikit orang yang telah sukses dibidang bisnis dropship ini. Adapun produk yang umumnya dapat di jual dengan sistem dropship ini antara lain produk baju, fashion, obat herbal, aksesoris, serta berbagai perlengkapan rumah tangga.

 

Margin keuntungan yang bisa Anda dapatkan pun beragam tergantung pada jenis produk yang Anda dropshipkan. Selain itu, untuk sukses dalam bisnis dropship ini tentu Anda harus memiliki kedisplinan yang tinggi selain kreativitas dalam memasarkan produk yang Anda jual. Usaha kecil yang menjanjikan dengan sistem dropship ini sangat layak untuk Anda coba.

Baca Juga Cara Menjalankan Bisnis Dropship Obat herbal Bagi Pemula

 

5.    Bisnis Adsense

 

Selain berjualan, Anda juga bisa berbisnis Adsense dimana Anda akan mendapatkan penghasilan dari setiap klik iklan di website Anda. Modal yang Anda butuhkanpun terbilang sangat sedikit sekali yakni domain, hosting, konten artikel, dan biaya untuk jasa optimasi.

 

Bisnis adsense ini memang menggiurkan ketika Anda mengetahui ilmu dan teknik yang sudah terbukti mampu menghasilkan keuntungan yang lumayan. Selain itu bisnis adsense ini juga bisa dijadikan sebagai passive income.

 

Hal ini bisa dimaklumi sebab Anda tidak perlu online setiap hari ketika website Anda sudah mendapatkan traffik. Terlebih traffik yang Anda dapatkan hingga ribuan per hari.

 

6.    Usaha Mainan Anak Anak Sekolah

 

Usaha kecil yang sangat menguntungkan akan tetapi seringkali diabaikan oleh banyak orang adalah usaha mainan anak-anak. Jika Anda tinggal di sekitar lokasi yang banyak terdapat taman bermain, baik itu taman kanak kanak ataupun playgroup dan sekolah dasar maka Anda dapat berjualan usaha kecil yang menjanjikan ini. Sebab lokasi tersebut sangat strategis untuk berjualan mainan anak-anak.

 

Modal usaha ini tergolong sangat kecil dengan keuntungan dapat berlipat kali. Anda dapat berbelanja dagangan mainan anak-anak langsung ke grosir. Tentu Anda tidak bisa membeli dalam jumlah satuan ataupun per paket.

 

Setelah itu, Anda dapat menjual mainan tersebut per satuan dengan keuntungan dapat berkali lipat. Terlebih Anda mengetahui mainan apa yang sedang jadi tren di kalangan anak-anak tersebut.

 

7.    Usaha Warung Kopi

 

Anda dapat membuka peluang usaha kecil yang menjanjikan dengan membuka warung kopi sederhana. Anda hanya perlu menemukan lokasi ideal yang cocok seperti pusat keramaian. Salah satunya Anda dapat membuka warung kopi di pasar, terminal, ataupun sekitar pangkalan ojek. Atau bisa juga dimanapun dimana banyak orang berlalu lalang.

 

Rata-rata harga jual satu cangkir kopi biasa dijual dengan harga minimal dua ribu rupiah bahkan ada yang menjual hingga tiga ribu rupiah. Sedangkan modal untuk membuat satu cangkir kopi paling tidak sampai hingga seribu rupiah untuk setiap gelas warung kopi tersebut.

 

Adapun margin yang bisa Anda dapatkan minimal 50% dari omzet tentu sangat mudah didapatkan. Terlebih ketika menjelang arus mudik ataupun bertepatan dengan event tertentu. Adapun biaya yang Anda butuhkan pun relatif sedikit seperti biaya gas, sabun cuci gelas dan lainnya.

 

Selain itu, usaha warung kopi ini juga dapat dikombinasikan dengan dagangan lain seperti menu jajanan ataupun gorengan. Selain itu Anda juga bisa berjualan nasi dengan menu sederhana agar omzet yang akan Anda dapatkan pun juga semakin besar.

 

8.    Usaha Kreatif Cutting Sticker

 

Perkembangan pengguna kendaraan bermotor yang semakin tahun semakin meningkat pesat menjadikan usaha ini sangat prospektif. Terlebih tida sedikit pengguna motor yang hobi mendandani kendaraan mereka dengan hiasan cutting sticker agar tampil beda dengan yang lain.

 

Usaha ini kerap dijumpai untuk para pelaku bisnis kreatif dengan modal sangat minim. Terlebih tidak sedikit dari mereka yang berjualan di pinggir trotoar ataupun tepi jalan. Hal ini karena dianggap sebagai lokasi yang strategis dan potensial untuk menarik perhatian pengguna kendaraan.

 

Pada umumnya untuk membuat satu block full cutting sticker pada setiap motor dikenakan biaya sekitar dua ratus ribu rupiah hingga tiga ratus ribu rupiah. Hal ini bergantung pada tingkat kesulitan memasang cutting stickernya.

 

Sedangkan modal belanja usaha ini membutuhkan setidaknya satu hingga dua rol yang dapat igunakan untuk tia unit motor dengan full cutting. Adapun biaya modal yang Anda keluarkan sekitar kurang lebih seratus lima puluh ribu rupiah.

 

Untuk dapat sukses menjalankan usaha kreatif ini Anda memang harus perlu keahlian dan ketrampilan dan bakat seni agar dapat memuaskan pelanggan Anda. Selain itu, Anda juga perlu manajemen dan disiplin diri agar usaha kecil yang menjanjikan ini kelak akan membuahkan hasil yang membanggakan Anda.

 

9.    Usaha Potong Rambut Pria

 

Anda tidak perlu membuka salon mewah dengan beragam peralatan modern jika ingin membuka usaha jasa potong rambut. Anda dapat mengeluarkan modal yang sangat minim sekali untuk menjalankan bisnis ini.

 

Usaha potong rambut terutama untuk pria memang tidak terlalu membutuhkan peralatan yang banyak dan beraneka ragam selayanya usaha salon kecantikan wanita. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah pemilihan lokasi tempat usaha kecil yang menjanjikan agar strategis. Wajar dilakukan pertama kali karena pelanggan Anda umumnya tidak akan mau menuju tempat potong rambut yang masuk ke dalam gang.

 

Untuk dapat sukses dalam usaha potong rambut pria ini adalah Anda perlu mengedepankan kualitas serta kepuasan pelanggan. Maka pelanggan Anda pun dapat dengan senang hati menceritakan jasa layanan potong rambut pria yang memuaskan kepada teman-temannya.

 

10.    Usaha Tukang Sayur Keliling

 

Sayur dan lauk pauk merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang wajib dan harus terpenuhi setiap harinya. Selama manusia tersebut masih hidup tentu membutuhkan makanan yang tidak sedikit.

 

Selain itu banyak sekali ibu rumah tangga yang selalu ingin mendapatkan sayur dan lauk pauknya dengan cepat, mudah, dan ekonomis. Anda dapat berjualan sayur keliling dengan target perumahan ataupun perkampungan.

 

Anda dapat menjual kebutuhan pokok ini secara keliling sebab konsumen akan merasa sangat terbantu karena mereka tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk pergi ke pasar. Hal inilah yang akan membuat konsumen Anda nyaman terlebih pelayanan yang Anda berikan memuaskan mereka.

 

Modal usaha yang dibutuhkan untuk usaha kecil yang menjanjikan ini sangat minim. Selain itu Anda juga bisa mencari suplier tetap di pasar agar kebutuhan dagangan Anda terpenuhi. Anda dapat pula membeli ke suplier dengan harga jauh dibawah harga pasaran.

 

Selain itu, Anda juga bisa berjualan dengan sistem bayar dibelakang ketika dagangan Anda suda terjual semua. Tidak sedikit pedagang besar yang mau dihutangi untuk keperluan pedagang sayur keliling.

 

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan pun semakin besar ketika Anda mampu membeli sayuran langsung ke petani. Selain harganya lebih murah, produk sayuran tersebut juga lebih terjaga tingkat kesegarannya.

 

Kendala yang Sering Dihadapi Oleh Pemilik UKM

pinjaman modal

flickr.com

Kontribusi usaha kecil dan menengah bagi perekonomian negara ini tentu tidak bisa dipandang sebelah mata. Selain itu sekarang ini lapangan pekerjaan terasa sangat sulit. Terlebih Anda juga mengalami kesulitan ketika hendak mencari modal kerja dari berbagai lembaga keuangan yang ada.

 

Sulitnya Mencari Modal Usaha

 

Persoalan ini menjadi masalah nasional di Indonesia yang tidak mungkin menutup kemungkinan para pelaku usaha kecil dan menengah ini akan mengalami hambatan besar jika tidak adanya peran aktif dan dukungan pemerintah.

 

Oleh karena itu beberapa program pemerintah dapat ditempuh seperti program KUR alias Kredit Usaha Rakyat yang bisa Anda dapatkan di beberapa lembaga perbankan dengan mudah. Selain itu juga terdapat kredit tanpa agunan (KTA) yang bisa Anda manfaatkan untuk menambah modal usaha.

 

Selain itu masih banyak pelaku usaha kecil dan menengah yang belum memiliki kedisplinan dan manajemen keuangan yang baik. Tidak sedikit para pelaku usaha kecil dan menengah yang mencampur adukkan keuangan usaha dengan kebutuhan harian rumah tangga.

 

Alhasil seringkali tercampur aduk bahkan seringnya tidak akan memiliki rencana pengelolaan yang baik antara pengelolaan rencana keuangan rumah tangga dan rencana pengelolaan usaha yang tengah dirintisnya.

 

Oleh karena itu selain dukungan modal dari berbagai lembaga keuangan. Maka pemerintah juga perlu membekali pelaku usaha kecil dan menengah dengan beragam pelatihan agar mendapatkan ketrampilan usaha yang baik.

 

Perlunya Ketrampilan bagi Pengusaha UKM

 

Pelatihan tersebut dapat berupa manajemen keuangan usaha yang sederhana agar lebih mudah dipahami oleh pelaku usaha. Selain itu juga dapat pula pelatihan untuk mengembangkan usahanya agar lebih besar dan tentu mampu menghidupi keluarga dan orang lain disekitarnya.

 

Selain kebutuhan pelatihan, pelaku usaha juga perlu diberikan pencerahan terkait dengan inovasi agar produk UMKM yang ada mampu bersaing di pasar global. Meskipun pada dasarnya inovasi ini bagi sebagian UMKM merupakan hal yang seringkali diabaikan karena pola pikir yang belum terarah dan memiliki planning kedepan.

 

Nah, jika Anda tengah akan memulai membuka usaha kecil yang menjanjikan, pastikan Anda memilih usaha yang mana memiliki pasar yang masih terbuka lebar. Selain itu Anda juga perlu memiliki disiplin diri terkait manajemen waktu dan keuangan agar usaha dengan kebutuhan rumah tangga Anda tidak tercampur aduk.

 

Selain itu perlu sikap optimis diri serta memiliki rencana yang jauh kedepan terkait usaha yang digeluti agar tetap mampu bersaing di kancah perekonomian global.

 

Tags: #Ide Bisnis #UKM #Usaha kecil