Contoh Proposal Usaha Makanan Kecil Berkualitas

100 views

Semua orang sudah pasti membutuhkan makanan setiap harinya. Untuk itu, usaha berupa makanan kuliner sudah pasti akan selalu berjalan lancar. Banyak sekali makanan kecil yang beredar saat ini. Kebutuhan makanan selalu ada setiap waktunya. Namun, perlu ketekunan yang cukup tingi dalam membuat bisnis makanan. Hal ini karena makanan merupakan hal yang cepat basi maupun dingin. Proposal sangat dperlukan untuk membuat investor tertarik pada bisnis yang ditawarkan. Simak selengkapnya di bawah ini mengenai contoh proposal usaha makanan berkualitas.
Selain untuk menarik minat investor, proposal juga digunakan untuk meminta izin buka usaha dan sebagainya.

Proposal harus dibuat dengan sesuai pada kebutuhannya. Terlebih, bagi anda yang ingin bisnis selalu berjalan lebih baik. Proposal dibuat dengan unik serta kesesuaian isinya. Semua hal yang terdapat dalam proposal harus di buat dengan teat dan sesuai pada kebutuhannya. Proposal yang menarik akan membuat orang tertarik dan ikut membantu danan yang diperlukan. Berikut akan kami berikan contoh proposal usaha makanan ringan terbaru.

Contoh Proposal Usaha Makanan Bobiso

Bobico

Kue Bobico

BAB I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Semakin meningkatkan kebutuhan yang ada saat ini ternyata tidak sebanding dengan pengeluaran yang digunakan. Terlebih, minimnya lapangan pekerjaan membuat banyak masyarakat pengganguran. Hal ini jika dibiarkan akan berdapak kepada masyarakat yang semain miskin. Saat ini, di era digital seharusnya berbagai macam kebutuhan menjadi lebih mudah. Teknologi internet mempermudah dalam segala hal termasuk dengan pemesanan makanan.

Penignkatan ekonomi dapat dengan mudah jika banyak wirausaha yang sudah bergerak sendiri. Wirausaha dapat meningkatkan jumlah ekonomi secara cepat. Banyak cara yang bisa digunakan untuk melakukan wirausaha. Terlebih, jika anda memiliki passion maupun hobby yang sesuai maka akan lebih mudah dilakukan pengembangan. Kini, anda dapat menggunakan teknologi untuk membantu proses penjualan produk. Poruduk yang anda jual harus memiliki kualitas terbaik dan dapat bersaing di pasaran kuliner.

Untuk itu, diperlukan kreatifitas yang cukup tinggi. Penulis membuat inovasi yang abru bernama “ BOBISO” dengan bahan dasar ubi yang lebih mudah ditemukan serta mudah di proses. Pengolahannya sendiri masih menggunakan alat manual .

B. Visi
Menjadikan makanan yang berasal dari ubi lebih populer

C. Misi
1. Memberikan kualitas yang terbaik dalam pelayanan serta pemberian konsumen kepuasaan
2. Meningkatkan kualitas makanan yang diperlukan
3. Berinovasi dalam produk tradisional terlebih dengan ubi
4. Memberikan tantangan wirausaha yang lebih besar

D. Tujuan kegiatan usaha
Tujuan dari memilih usaha ini yaitu :
1. Menghasilkan keuntungan yang seimbang
2. Membantu melestarikan ubi sebagai makanan tradisional yang aman dan enak
3. Membuka lapangan pekerjaan yang baru
4. Menawarkan pada produsen mengenai produk yang lebih unggul

E. Maksud usaha
Maksud yang didapatkan dari adanya usaha ini yaitu erguna dalam menyalurkan ilmu yang dimiliki kepada sesama. Kemampuan dalam bidang penjualan sangat diperlukan untuk menghasilkan keuntungan yang lebih jelas. Wawasan akan proses pembuatan membuat usaha ini lebih menjanjikan. Terlebih, makanan yang satu ini lebih mudah digunakan. Inovasi terhadap makanan tradisional saat ini masih sangat sedikit. Perlunya pengembangan agar tidak kalah bersaing dengan produk asing. Kami jamin rasa yang diberikan sangatlah berbeda.

Baca Juga Contoh Proposal Usaha Kecil Toko Batik Terbaik

BAB II. PEMBAHASAN

A. Profil
Bobiso merupakan merk dagang yang digunakan untuk menghasilkan kualitas sebenarnyanya. Ubi sangat dikenal di wilayah pedesaan karen amduah didapatkan. Selain itu, makan berupa ubi memang masih jarang. Dengan adanya Bobiso ini akan menghasilkan makanan yang meiliki keunikan tersendiri.pengolahan ubi dilakukan secara tradisional untuk memastikan keamanannya. Bobiso akan membantu memperkenalkan ubi sebagai salahs atu bahand asar kuliner yang lezat dan enak. Kita semua tahu bahwa ubi memiliki banyak kandungan nuttrisi di dalamnya.

Ubi memiliki banyak sekali vitamin mulai dari vitamin A sampai dengan D yang dapat digunakan sesuai pada kebutuhannya. Kandungannya mampu membantu anda dalam mengatasi beberapa penyakit yang mungkin timbul. Ubi sangat baik di komsunsi oleh orang tua karena mudah dan memiliki tekstur yang lembut. Pengolahan ubi sendiri dapat dilakukan dengan mudah. Makanan bobiso sangat cocok di konsumsi oleh seluruh kalangan.

B. Strategi pasar
Untuk penempatan penjualan yang tepat maka dibutuhkan upaya yang akan dilakukan dalam strategi pasar meliputi :

1. Segmenting
Segementing merupakan cara dimana menjadikan pembeli sebagai sasaran utama yang di capai. Dengan begitu, produk ini harus dibuat agar dapat dikonsumsi oleh seluruh kalangan.

2. Targeting
Melakukan penargetan terhadap penjualan yang dilakukan setiap harinya. Dengan begitu, proses ini akan berjalan menjadi lebih baik. Tidak dibutuhkan cara khusus untuk mencapai target. Tetap menjual sesuai kebutuhanya.

3. Positioning
Tambahan kombinasi toping diperlukan untuk membuat inovasi yang lebih baru. Hasilnya, produk akan menjadi lebih menarik dan mudah untuk dikenal oleh masyarakat. Terlebih, di era sekarang yang lebih mengedepankan rasa.

BAB III. MANAGEMEN PRODUKSI

A. Bahan baku
Dalam proses usaha ini diperlukan beberapa bahan baku meliputi :

1. Ubi segar
2. Tepung terigu
3. Gula jawa
4. Kacang murni
5. Garam
6. Seres
7. Coklat
8. Keju
9. Greentea

B. Perlengkapan Dan Peralatan
Untuk membantu prose usaha agar berjalan lebih baik maka diperlukan peralatan pembantu meliputi :
1. Peralatan

• Gelas ukur
• Pisau
• Wajan besat
• Baskom
• Dulang
• Sendok
• Garpu

2. Perlengkapan
• Cup plastik
• Sarung tangan
• Label
• Isi ulang gas

C. Cara pembuatan
1. Siapakan terlebih dahulu bahan yang dibutuhkan.
2. Bersihkan ubi dengan menggunakan pisau dan air bersih.
3. Haluskan ubi menggunakan dulang secara merata.
4. Masukan pada baskom dan tambahkan garam,tepung serta tumbuk sampai dengan merata.
5. Lakukan penggorengan terhadap adonan.
6. Angkat jika sudah setengah matang.
7. Terakhir, beri toping agar lebih menarik.

BAB IV. RENCANA ANGGARAN

A. Modal
Untuk modal yang digunakan yaitu :
1. Bahan baku + perlengkapan + biaya lainnya
= Rp. 150.000 + 100.000 + 50.000
= Rp. 400.000
Dan dapat menghasilkan sampai 100 produk bobiso.

B. Harga jual
Harga untuk penjualan yaitu Rp. 5.000 setiap buahnya.

C. Keuntungan
Keuntungan yang didapatkan berarti
Rp. 5.000 x 100 = 500.000- 400.00
= Rp. 100.000 untuk seratus buahnya.

BAB V. PENUTUP

A. Kesimpulan
Bobiso terbukti memiliki peluang usaha yang sangat besar dalam bidang kuliner. Keunikan dari produk ini sangat ditonjolkan dan dapat menarik perhatian pembeli dengan cepat. Terlebih, rasanya yang enak dan harganya yang murah menjadikan produk ini sangat laris di pasaran.

B. Saran
Kami membutuhkan kritik dansaran yang membangun untuk lebih memajukan usaha bobiso ini. Semua saran yang membangun akan kami terima dan dapat di implementasikan. Kami mengucapkan terimakasih terhadap semua orang yang sudah membantu.

Begitulah ulasan mengenai contoh proposal usaha makanan yang dapat anda coba. Proposal ini sudah sesuai dengna struktur yang diperlukan. Dijamin dapat membuat investor melirik usaha anda. Selamat mencoba.

Tags: #proposal #Usaha Rumahan