Contoh Proposal Usaha Kecil Toko Batik Terbaik

276 views

Proposal sangat diperlukan untuk berbagai macam kebutuhan seperti halnya mencari dana maupun meminta perizinan. Seperti halnya toko usaha kecil batik yang membutuhkan proposal untuk meyakinkan invester terhadap peluang usaha yang besat. Proposal usaha yang baik harus sesuai dengan tujuan dan penerapannya. Terlebih, bualah proposal yang menarik agar investor menjadi semakin tertarik kepada peluang usaha batik. Dibawah ini akan kami berikan untuk anda contoh proposal usaha kecil toko batik yang terbukti ampuh.

Meskipun masih dalam tahapan usaha kecil, untuk proposal yang dibuat harus tetap sesuai pada kebutuhannya. Terlebih pada usaha batik ini yang merupakan salah satu keunikan di wilayah Indonesia. Untuk membuatnya harus sesuai pada perancangannya. Tidak di perbolehkan untuk melakukan kegiatan yang curang dalam memberikan penawaran produk anda. Tertarik untuk membuat proposal yang lebih unik ? Simak ulasan lebih lengkapnya mengenai contoh proposal usaha kecil terbaru.

Contoh Proposal Usaha Kecil Toko Batik Berkualitas

Contoh Proposal Kegiatan Paling Lengkap

Pastikan bagi anda yang ingin membuat proposal berkualitas harus menyesuaikan prosedurnya. Berikut contoh proposal usaha kecil.

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia dengan keunikan yang beragam.Berbagai macam keunikan dan motif tersedia dalam budaya batik. Warisan budaya ini telah di akui oleh badan warisan budaya dunia UNESCO tanggal 2 oktober 2009. Tanggal tersebut menjadikan para pengrajin batik menjadi lebih bersemangat. Karena, budaya batik telah di akui oleh dunia dan menjadikan produk ini dapat bersaing secara sheat di pasar internasional.

Banyak masyarakat yang masih berpikiran bahwa batik saat ini hanya digunakan oleh orang tua saja. Padahal, telah banyak motif batik terbaik buatan warga lokal dengan kualitas yang terjamin. Jarang sekali melihat anak muda yang mengunakan pakaian batik untuk bermain maupun sekedar menggunakannya. Justru, pakaian inilah yang memiliki bahan berkualitas dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Perkembangan motif ini memang tidak cepat.

Dengan begitu, di perlukan pengrajin yang lebih banyak di pasaran agar mendominasi penjualan batik di wilayah Indonesia. Pengusaha batik harus kompeten dalam meilih pasar internasional yang tepat pada kebutuhannya. Dengan penempatan pasar yang tepat, peningkatan penjualan akan semakin berjalan dengan lancar. Terpenting, lakukanlah penjualan secara stabil utnuk mengurangi tingkat kegagalan ebrsaing dengan produk yang lainnya.

Saat ini, banyak kota di wilayah Indonesia yang memiliki banyak pengrajin batik. Salah satunya yaitu wilayah pekalonan dan solo. Pekalongan sendiri di sebut sebagai kota batik karena memang memiliki banyak pengrajin yang berkualitas. Keaneka ragaman motif ini membuat citra baik dalam budaya batik di wilayah Indonesia. Terlebih, untuk jangka waktu lama. Dengan ini, diharapkan kemajuan pasan toko batik menjadi lebih berpeluang dalam meningkatkan pasar. Pastikan bahwa contoh proposal usaha kecil ini digunakan dengan tepat.

B. Tujuan

1. Dapat meningkatkan taraf hidup dari keluarga pengrajin yang masih memiliki banyak keperluan untuk hidup.
2. Berperan aktif dalam melestarikan budaya batik Indonesia sebagai salah satu kebudayaan yang unik.
3. Membantu meningkatkan pasar batik di wilayah pasar Internasional.

Baca Juga : Contoh Proposal Kegiatan Paling Lengkap

BAB II ASPEK RENCANA USAHA KECIL BATIK

A. Aspek pemasaran

Metode pemasaran yang digunakaan dalam usaha ini akan tetap mempertimbangkan ebebrapa aspek penting anatara lain :

1. Area penjualan
Berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan oleh kami, rencara penjualan produk batik sendiri di alkukan daerah, purworejo jawa tengah. Hal ini karena masih kurangnya pengrajin yang terdapat di daerah tersebut. Selain itu, minat pasar akan batik di daerah purworejo juga terus meningkat dan memiliki keuntungan yang cukup baik.

2. Sasaran pemasaran
Untuk sasaran yang di tuju yaitu semua element masyarakat dari kelas bawah sampai atas. Semua memiliki hak untuk dapat membeli produk ini, agar usaha kecil batik semakin berkembang dengan pesat.

3. Metode penjualan
Terdapat banyak metode penjualan yang dapat digunakan utnuk mengenalkan produk kepada calon konsumen maupun distributor. Salah satu yang akan digunakan yaitu dengan menggunakan pemasangan banner di depan toko maupun distirbutor. Bagi mereka yang bergabng bersam akami juga mendapatkan diskon khusus. Selain itu, dapat juga melakuan pengiklanan dengan menggunakan iklan media sosial, radio, melakuakn sebar brosur maupun expo dan car free day.

Produk yang dijual tetap memiliki standart yang sesuai pada kebutuhannya. Terlebih, bagi mereka yang memang membutuhkan bisnis online maka dapat berjualan langsung produk batik kami. Keuntungan tetap di sesuaikan oleh harganya. Terpenting, semua pihak memiliki keuntungan baik dalam bentuk jasa maupun produk yang ditawarkan.

B. Aspek Teknis Usaha kecil Batik

1. Penadaan aktiva usaha batik
Terdapat beberapa kebutuhan aktiva untuk menunjang segala aktivitas usaha batik yang berjalan, meliputi :

• Etalase sebanyak 4 Unit.
• 3 unit rak baju untuk menyimpan kain.
• 7 unit boneka manequun untuk media pameran batik.
• 1 unit komputer berguna untuk membuat data lebih rapih.
• 1 unit mesin kasir sebagai alat hitung cepat.
• 1 unit investasi pendukung kerja seperti meja, kursi dan lainnya.

2. Proses operasional
Proses operasional terhadap barang yang sudah tiba di tempat meliputi :
• Pengecekan awal barang sesuai pada nota.
• Melakukan cek kondisi barang di pesan.
• Memberikan label terhadap barang yang datang.
• Merapikan barang menjadi lebih jelas.
• Lakukan distribusi ke pasar sesuai pemesanan.
• Setiap lima bulan sekali melakukan sortir terhadap barang yang mungkin rusak.

3. Tenaga kerja
Rencana kebutuhan dari tenaga kerja ini dalam menjalankan usaha kecil toko batik berjumlah 4 orang. Pembagian waktunya mulaid ari jam 08.00 sampai dengan 17.00.

C. Aspek Ekonomi Usaha kecil Toko Batik

1. Berperan aktif dalam meningkatkan jumlah pendapatan daerah.
2. Membuka peluang tenaga kerja wilayah setempat.
3. Memiliki relasi yang cukup sebagai kerjasama antar pegusaha.

D. Aspek Manajemen Usaha kecil Toko Batik

Terdapat beberapa aspek yang memang sesuai pada kebutuhan pengusaha toko batik kecil ini.

1. Proses pengelolaan usaha dan kepemilikan modal milik bersama. Keuntunga yang di abil sesuai dengan kesepakatan bersama berdasarakn keuntungan setiap bulannya.

2. Metode usaha yang berjalan yaitu keuntungan sebesar 40% untuk pengelola usaha dan 60 % pada investor.
Pilihlah aspek contoh proposal usaha kecil seperti ini.

BAB III PENUTUP

Berdasarkan data yang telah dijelaskan diatas, Sudah dipastikan usaha toko kecil batik ini akan berjalan baik karena :

1. Metode pengembalian investasi dalam jangka waktu yang cepat sesuai dengan rancangan usaha.
2. Investasi di kembangkan dengan cukup cepat dengan peningkatan yang begitu baik yaitu 11,12% setiap bulannya.
3. Keuntungan bersh yang dihasilkan sangat melimpah sesuai pada kesepakatan dan metode usaha yang dijalankan.
4. Manfaat usaha sangat baik dan bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Begitulah ulasan mengenai contoh proposal usaha kecil berupa toko batik yang daat dikembangkan lagi. Dijamin, jika mengikuti struktur di atas akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Selamat mencoba!

Tags: #proposal #Usaha Rumahan