Cara Ternak Lovebird dengan Mudah

375 views

Cara Ternak Lovebird – Lovebird merupakan salah satu jenis burung yang saat ini digemari untuk dibudidayakan dan dipelihara. Ternak lovebird menjadi salah satu usaha yang menjanjikan karena peluang pasar yang masih terbuka lebar. Lovebird sendiri memiliki beragam varietas dimana masing masing varietas terdapat beberapa keunggulan.
Selain itu ternak lovebird juga bisa dijadikan bisnis sampingan yang bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa mengenal background dari peternak asalkan mengetahui cara ternak lovebird yang baik dan benar. Jika Anda memiliki pengalaman memelihara burung tentu ternak ini dapat dilakukan dengan mudah.


Panduan Mudah Cara Ternak Lovebird


Berikut ini panduan mudah untuk berternak lovebird yang bisa Anda lakukan baik skala kecil, menengah maupun besar.

Cara Ternak Lovebird dengan Mudah

Love Bird

1. Pilih Indukan yang Sehat dan Berkualitas

Pertama kali tentu Anda harus memilih indukan Lovebird yang berasal dari keturunan yang sehat dan berkualitas. Karena ternak umumnya hasil anakannya akan bergantung pada indukannya. Jika indukannya berkualitas dan sehat, dapat dipastikan hasil anakannya juga sehat dan berkualitas.
Kemudian Anda juga bisa memilih indukan Lovebird untuk dipilih karena suara ataupun karena bulunya. Semua ini bergantung kepada Anda akan beternak untuk kontes suara ataupun kontes warna burung.

2. Tunggu sampai Usia Burung Lovebird Sampai Siap Kawin

Lovebird yang siap untuk Anda kawinkan umumnya berusia minimal satu tahun. Selain itu Anda sebaiknya memilih indukan jantan yang berusia lebih tua beberapa bulan. Hal ini memiliki tujuan agar indukan jantan agar lebih bisa mendominasi pada saat melakukan proses kawin.

3. Pembuatan Kandang Ternak Lovebird

Selain itu Anda juga perlu menyiapkan kandang untuk beternak lovebird. Adapun besaran kandang yang Anda buat bergantung kepada jumlah Lovebird yang Anda ternakkan. Sebagai perbandingan untuk setiap sepasang Lovebird yang Anda ternakkan, Anda membutuhkan kandang dengan ukuran dimensi 50 x 100 x 50 cm.
Jika Anda memiliki banyak Lovebird yang Anda ternakkan, Anda dapat membuat kandang dengan ukuran yang lebih besar dan bersekat-sekat untuk setiap pasang Lovebird.

4. Tempat Khusus untuk Lovebird Bertelur

Lovebird membutuhkan tempat khusus untuk bertelur, tempat ini akan digunakan untuk mengerami telur Lovebird. Adapun tempat khusus untuk betelur ini dinamakan dengan glodok yang terbuat dari kayu keras dengan dimensi ukuran 20 x 20 x 25 cm.

Anda dapat menambahkan kayu yang telah diserut, ataupun ranting kecil serta dedaunan agar sarang tersebut nyaman untuk digunakan Lovebird untuk betelur. Umumnya Lovebird ini akan membuat sarang mereka sendiri di dalam glodok.

5. Jenis Kelamin Lovebird

Sebagai peternak, Anda diharuskan untuk mengetahui jenis kelamin Lovebird agar ketika Anda mengawinkan Lovebird ini berbeda jenis kelaminnya agar sukses.
Hal ini dikarenakan walaupun Lovebird terlihat berpasangan, akan tetapi belum tentu memiliki jenis kelamin yang berbeda pula. Terkadang ada Lovebird jantan yang terlihat berpasangan dengan Lovebird pejantan lainnya.

6. Siapkan Makanan agar Lovebird cepat Bertelur

Untuk mempercepat agar Lovebird cepat bertelur, Anda dapat meningkatkan gizi dengan menambahkan makanan seperti pemberian milet, biji sawi, jagung mua dan lainnya.

Cara Ternak Lovebird dengan Mengawinkan Pejantan dan Betina

Selanjutnya Anda dapat mengawinkan Lovebird dengan memasukkan pejantan dan betina dalam satu kandang. Lalu tunggulah hingga beberapa hari sekitar 4 hingga 10 hari untuk melihat apakah Lovebird sudah bertelur ataukah belum.

Baca Juga Cara Beternak Bebek yang Menguntungkan untuk Pemula

Proses Lovebird Bertelur

Umumnya ketika Lovebird ini sudah betelur akan menghasilkan tiga buah telur. Akan tetapi tidak semua indukkan mau mengerami telurnya. Hal inilah yang menyebabkan telur Lovebird tidak mau menetas.
Anda dapat mengantisipasi hal tersebut dengan cara mendekatkan pasangan Lovebird lain yang mau mengerami telurnya. Cara ini mungkin efektif dalam memicu pasangan Lovebird yang tidak mau mengerami telurnya akan terpancing oleh pasangan Lovebird yang sudah mengerami telurnya.

Pasangan Lovebird yang mau mengerami telurnya umumnya membutuhkan waktu antara 18 hingga 23 hari agar menetas. Pada saat pengeraman telur, sebaiknya induk pejantan dipisah agar tidak mengganggu indukan betina yang sedang mengerami telur. Saat pemisahan indukan pejantan ini dapat pula dijodohkan dengan indukan betina Lovebird yang lain. Tujuannya untuk mempercepat proses betelur betina Lovebird.

Pastikan juga Anda memberikan tambahan makanan yang bergizi pada saat indukan betina tengah mengerami telurnya. Anda dapat menambahkan pellet ayam yang dicampur dengan bubur bayi.
Selain itu hal yang wajar terjadi adalah indukan betina yang baru pertama kali betelur, pada umumnya sebagian besar telurnya tidak menetas. Hal ini wajar terjadi karena Lovebird belum siap kawin selain ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi.

Proses Penetasan Telur Lovebird

Penanganan telur Lovebird yang telah menetas Anda biarkan dilakukan oleh indukan Lovebird. Anda cukup menunggu sampai anakan Lovebird ini keluar dari sarang.
Setelah itu Anda dapat memberikan makanan ke anakan Lovebird tersebut. Anda dapat memisahkan anakan dari indukan setelah berusia lebih dari 10 hari ataupun 2 minggu.
Setelah anakan Lovebird Anda lepaskan dari indukan, pastikan Anda memberikan lampu dengan daya 5 watt sebagai penghangat dalam kandang.

Memberi Makan Anakan Lovebird

Anda dapat memberi makan anakan Lovebird dengan cara melolohkan anakan Lovebird. Sedikit tips Anda dapat menggunakan suntikan yang besar agar menghindari Lovebird tidak tersedak. Selain itu suntikannya juga harus aman, Anda dapat mengganti jarum suntik dengan selang elastis seperti karet pentil.
Adapun makanan dari anakan Lovebird Anda dapat memberikan makanan bayi yang telah diseduh dengan air hangat. Selain itu Anda juga bisa memberikan makanan bergizi lain yang lembut.

Anda dapat melolohkan anakan Lovebird setiap empat jam sekali. Anda dapat melakukan hal ini setiap hari sampai anakan Lovebird dapat makan sendiri. Selain itu Anda juga bisa menjinakkan anakan Lovebird dengan memanggil nama burung tersebut serta mengajaknya untuk bermain.

Demikianlah cara ternak Lovebird yang bisa Anda aplikasikan dalam usaha ternak Lovebird. Anda dapat pula menjual anakan Lovebird hingga indukan Lovebird dengan harga yang lumayan tinggi. Adapun potensi penghasilan yang bisa Anda dapatkan bergantung kepada jumlah Lovebird yang Anda ternakkan.
Pastikan Anda juga senantiasa menjaga kebersihan kandang, selain itu Anda perlu memperhatikan asupan gizi untuk pakan Lovebird agar burung Lovebird Anda terpelihara dan sehat.

Untuk memulai usaha ternak Lovebird ini selain dengan mengetahui cara ternak Lovebird, Anda juga perlu menyiapkan modal dibawah sepuluh juta rupiah. Adapun alokasi penggunaan modal tersebut sebagian untuk membuat kandang, sebagian lagi untuk membeli indukan Lovebird, sedangkan sisanya untuk pembelian pakan.

Anda dapat menjual hasil ternak Anda melalui berbagai komunitas pencinta burung yang umumnya ada di setiap daerah. Adapun harga yang bisa Anda jual juga bervariasi mulai dari harga dibawah pasaran, hingga harga diatas pasar.

Tags: #Budidaya #Love Bird