Cara Budidaya Semut Jepang Yang Benar Dan Menghasilkan

485 views

Semut jepang merupakan salah satu serangga yang banyak dicari saat ini. Tidak lain karena manfaatnya untuk penderita kencing manis ( diabetes ). Hal ini menyebabkan harga semut jepang cukup mahal. Saudara saya pernah membeli 20 ekor seharga 75 ribu.

Asal – usul semut jepang masih belum jelas. Saya sendiri belum menemukan sumber yang membahas semut jepang secara gamblang. Namun jika ditarik dari segi kesamaan bentuk, semut yang satu ini mirip dengan kutu beras. Bedanya larva semut jepang tidak mengalami ganti kulit seperti larva kutu beras. Selain itu perbedaan yang paling menonjol kutu beras memiliki tanduk seperti cula badak, sedangkan semut jepang tidak.

budidaya semut jepang

Semut Jepang

Khasiat Semut Jepang Untuk Manusia

Tuhan tidak menciptakan mahluk tanpa memiliki kegunaan bagi mahluk lain. Begitu juga semut jepang, dari segi kesehatan semut ini memiliki beberapa manfaat bagi manusia yaitu :

  1. Menurunkan kadar gula dalam darah. Zat yang terkandung didalam semut jepang mampu menurunkan kadar gula dalam darah dan menstabilkanya.
  2. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Oleh karenanya semut jepang dapat meringankan hingga mengobati penyakit jantung, stroke,serta hypertensi.
  3. Menambah stamina tubuh, terutama untuk pria dan orang – orang yang sering bekerja berat. Dengan konsumsi secara rutin, anda tidak akan merasakan capek atau pegal – pegal.
  4. Mengobati asam urat dan masih banyak manfaat lainya

Cara mengkonsumsi semut jepang

Di beberapa daerah semut jepang sudah dianggap sebagai jamu. Cara mengkonsumsinya pun berbeda – beda. Yang pertama mengkonsumsinya dengan memasukkanya kedalam kapsul. Kedua dengan dimasukkan ke air panas. Dan yang terahir dimakan pakai pisang, seperti minum obat pada umumnya.

Dosis untuk sekali minum adalah 1-3 ekor semut jepang sekali konsumsi. Dan sehari maksimal tiga kali. Jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya karena dapat berakibat buruk atau dalam istilah kesehatan overdosis. Untuk tujuan meningkatkan atau menjaga stamina cukup 3 ekor semut jepang sehari dan diminum dua hari sekali. Jadi tidak mengkonsumsinya setiap hari. Beda lagi untuk penyakit berat seperti diabetes. Minumlah 2 – 3 kali sehari dan sekali konsumsi 3 ekor semut jepang.

Cara Beternak Semut Jepang yang Benar

Pada awal budidaya Semut Jepang proses berkembang biaknya memang dirasa sangat lambat. Namun jika sudah memasuki bulan ke tiga seakan semut tidak ada habisnya. Oleh karena itu anda harus menyiapkan banyak wadah. Kini saya bahas secara detil cara budidayanya.
Bahan yang harus disiapkan

  • Kapas
  • Wadah (Toples, Ember. Baskom)
  • Ragi Tape
  • Paku atau solder

Pertama bersihkan wadah, cuci sampai bersih. Kemudian isi wadah dengan kapas hingga setengahnya. Jangan taruh kapas hingga penih, karena menyebabkan semut jepang keluar dari wadah. Kapas berfungsi sebagai tempat berkembang biak semut. Kemudian masukkan bibit semut secukupnya (antara 10 – 30 ekor). Taruh ragi tape di dalam wadah, ragi sendiri merupakan makanan semut jepang. Pemberian ragi cukup seminggu sekali atau jika dirasa sudah habis.

Tags: #Usaha Rumahan