Cara Beternak Bebek yang Menguntungkan untuk Pemula

185 views

Itik atau bebek adalah salah satu ternak yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat indonesia. Dahulu pada mulanya bebek bukan hewan asli indonesia, namun dari dataran amerika.Hewan ini dihabitatnya hidup liar, yang kemudian dijinakkan oleh manusia untuk hewan ternak.

Permintaan akan bebek beberapa tahun belakangan meningkat. Hal ini dipicu minat konsumsi daging dan telor bebek oleh masyarakat. Sebagai contohnya telur asin, hampir disetiap toko dapat kita temui. Dan bahan bakunya tidak lain adalah telur bebek. Selain itu warung – warung pinggir jalan banyak yang menyajikan masakan berbahan dasar daging bebek ini.

Dari segi ekonomis tidak ada bagian bebek yang terbuang. Mulai dari daging, telor sampai kotoranya dapat kita manfaatkan. Sehingga dapat dipastikan semua bagian tersebut dapat menghasilkan pundi pundi uang.

Baca Juga : Budidaya Lele Kolam Dengan Terpal Yang Menghasilkan

Cara Beternak Bebek

Bebek potong

Pada umumnya masyarakat beternak bebek atau itik, diambil telornya. Namun seiring permintaan ada juga yang beternak ditujukan sebagai bebek pedaging. Perlu diketahui bebek dibagi menjadi tiga berdasarkan nilai kegunaanya yaitu: bebek pedaging, petelur dan sebagai hewan peliharaan biasa. Jenis pedaging seperti peking, Cayuga dan Rouen dan petelur seperti indian runner, dan buff. Di Indonesia sendiri dikenal bebek mojosari, bali, tegal dan alabio. Mengenal jenis bebek penting, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Masa produksi yang ideal bebek adalah setahun dengan jumlah telur yang dihasilkan kisaran 200an butir. Bebek yang mulai menghasilkan telur biasanya sudah berumur 60 – 80 hari. Jika ingin diambil dagingnya sebaiknya pilih bebek yang tidak terlalu tua sehingga daging yang dihasilkan tidak alot. Bebek pedaging yang siap panen memiliki berat diatas 1Kg.

Pemilihan Kandang Untuk Bebek

Lokasi peternakan bebek yang bagus adalah lokasi tenang, dekat sumber air dan banyak terdapat makanan. Peternak umumnya membuat kandang di tepian sungai atau di area persawahan. Alasanya tempat – tempat tersebut merupakan ekosistem yang bagus untuk perkembangan bebek. Selain itu ada juga kandang berbentuk baterai dengan isi 2 ekor per kotak. Kandang tipe baterai biasanya dipakai untuk itik tipe petelur.

Pemilihan bibit Bebek Unggul

Dalam pemilihan bibit, pilihlah sesuai dengan jenis bebek tersebut. Seperti yang saya tulis diatas pilih bebek jenis petelur atau pedaging. Selain itu anda harus memilih bibit unggul yang sudah direkomendasikan oleh dinas peternakan setempat. Cirinya warna bulu yang cerah dan tubuh tanpa cacat.

Perawatan Dan Pemberian Pakan Bebek

Untuk memelihara kesehatan bebek ada baiknya memperhatikan kebersihan kandang. Kalau bisa bersihkan kandang sehari sekali. Selain itu periksa kesehatan itik secara teratur. Jika ditemukan itik yang lesu atau kelihatan tidak sehat, segera mungkin pisahkan dengan yang lain. Hal ini untuk mencegah penularan penyakit. Untuk jenis penyakit bebek dan ciri – cirinya, anda dapat mencari info lengkapnya di dinas peternakan setempat.

Pemberian pakan pada itik dibagi menjadi tiga yaitu anakan(stater) , remaja(grower), dewasa(layer). Pada tahap anakan dan remaja anda sebaiknya memberikan makanan dari pabrikan. Baru ketika sudah mencapai tahap dewasa anda dapat mencampurnya dengan bekatul, dan jagung. Sebagai nutrisi tambahan bekicot atau kerang sangat bagus untuk menghasilkan telur yang berkualitas. Pakan diberikan dua kali siang dan sore hari.

Dan yang terahir adalah panen bebek. Setelah bebek sudah mulai bertelur, anda dapat mengambil telurnya setiap hari. Dan jualah bebek yang sudah tidak produktif lagi untuk digantikan bibit yang baru.

Tags: #Budidaya