Cara Bagi Hasil untuk Usaha Kecil Agar Bisa Mendapatkan Untung Maksimal

Pada dasarnya tak ada jenis bisnis satu pun yang tidak membutuhkan dana atau modal sebagai pelicin awal usaha, sehingga tak jarang pula dana inilah yang jadi salah satu kendala utama bagi seseorang yang ingin jalankan bisnis.  Sebetulnya dana tidak hanya bisa didapatkan dari tabungan maupun hasil pinjaman saja. Anda yang mempunyai dana sedikit pun bisa kok memanfaatkan sistem bagi hasil sebagai solusi terbaik untuk mulai membangun dan mengembangkan bisnis Anda tersebut. Sistem bagi hasil ini memang sering diterapkan para pelaku bisnis yang terkendala dengan dana.

Cara Bagi Hasil untuk Usaha Kecil Agar Bisa Mendapatkan Untung Maksimal

Dollar

Dengan kerjasama yang baik antara pemodal dengan pengusaha kecil maka akan saling menguntungkan kedua belah pihak. Perlu Anda tahu juga bahwa dalam bisnis kerjasama bagi hasil ini terdapat beberapa jenis mitra bisnis yang terlibat, dimana untuk masing – masing orang mendapat porsi keuntungan yang berbeda, satu dan lainnya. Namun untuk informasi lebih lanjut, silakan simak beberapa ulasannya di bawah ini.

Cara Bagi Hasil untuk Usaha Kecil Agar Bisa Mendapatkan Untung Maksimal

Pemberi modal dengan rekan kerja

Dalam sistem bagi hasil ini nantinya Anda akan menemui seseorang yang berperan sebagai pemberi modal tetapi juga sekaligus sebagai rekan kerja maupun karyawan aktif. Apabila ada seseorang diposisi tersebut, maka ia akan mendapat dua pendapatan. Pertama gaji sebagai rekan kerja aktif dan dividen. Lalu untuk pembagiannya, bisa disesuaikan dengan persentase modal yang ditanamkan.

Pemberi modal bentuk saham

Yang demikian ini umumnya tidak ikut serta dalam mengurus bisnis yang bakal dijalankan. Mitra bisnis tersebut umumnya disebut dengan investor. Sistem bagi hasil yang didapatkan investor hanya berupa dividen dan tak didasarkan kepada kepemilikan modal. Sebelum memulai sebuah bisnis kerjasama bagi hasil, kedua belah pihak akan lakukan kesepakatan terlebih dulu, termasuk halnya membahas persentase bagi hasil yang akan disepakati.

Pemberi modal bentuk hutang

Kemudian untuk sistem bagi hasil satu ini hampir mirip dengan investor, tetapi yang membedakannya adalah pemberi modal memberi modalnya dalam bentuk hutan. Sebab berupa hutang, pastinya dalam perhitungan akan ada pokok hutan, bunga, dan jatuh tempo. Sebutan untuk bagi hasil usaha kecil ini adalah kreditur. Pembagian keuntungannya sendiri dilakukan dengan cara membayar pokok hutan dan bunga diwaktu yang sudah ditentukan sebelumnya.

Pokok perjanjian usaha sistem bagi hasil

Sebelum Anda memulai membuak usaha atau bisnis, Anda dan mitra bisnis harus tahu pokok perjanjian dari usaha sistem bagi hasil tersebut. Dalam pelaksanaannya setidaknya ada 4 pokok utama yang wajib diketahui seperti  :

  • Adanya kerjasama modal, baik itu bersifat mudharabah atau musyarakah.
  • Ada kegiatan usaha, dimana kedua belah pihak harus saling memastikan sistem bagi hasil ini benar – benar disalurkan untuk kegiatan usaha yang telah disepakati.
  • Mempunyai batas waktu pembagian keuntungan.
  • Adanya kesepakatan pembagian untung yang bisa menerapkan salah satu prinsip dari dua yang ada, yakni bagi untung dan bagi hasil.

Nah, itulah cara bagi hasil untuk usaha kecil agar bisa mendapatkan untung maksimal yang bisa kami bagikan. Sistem ini nantinya akan sangat membantu Anda dalam memulai sebuah bisnis, apalagi jika dana yang dimiliki sangatlah terbatas.

Tags: #Tips Bisnis

Author: 
    author