Bisnis Modal Kecil Yang Cocok Untuk Mahasiswa

76 views

Bisnis modal kecil adalah bisnis yang bisa dibilang paling banyak dilakoni oleh masyarakat di Indonesia. Bisnis dengan modal yang kecil adalah dasar dari usaha – usaha kecil yang saat ini adalah suatu skala usaha yang dilakukan oleh sebagian besar wirausahawan Indonesia. Usaha kecil sendiri adalah suatu usaha yang memiliki kekayaan bersih usaha paling banyak sebanyak Rp 200.000.000 tidak termasuk tanah dan tempat usaha. Bukankah 200 juta rupiah adalah modal yang banyak? 200 juta rupiah disini bukan mengacu kepada modal awal para pengusaha kecil, tetapi kekayaan bersih mereka setelah usaha mereka sudah berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan berarti.

Tips Mendirikan Bisnis Modal Kecil

Bisnis Modal Kecil

Source : Pixabay

Bisnis modal kecil adalah salah satu bisnis yang paling menjanjikan karena kita bisa secara langsung mengamati dan berinteraksi dengan klien atau customer kita. Bisnis ini bukan hanya ladang pendapatan, tetapi bisa juga dijadikan ajang pembelajaran bagi para pemula dalam suatu bisnis wirausaha. Dengan kata lain, bisnis usaha kecil ini bisa kita jadikan suatu wadah untuk mencari pengalaman yang berharga sehingga ke depannya kita bisa dengan mudah membangun suatu usaha karena sudah menguasai benar dasar – dasar berusaha yang benar dan efektif. Sebagai contoh, sebagai mahasiswa kita juga bisa mendirikan suatu badan usaha kecil yang bisa kita jadikan ajang pembelajaran dan bisa jadi usaha itu sendiri bisa berkembang menjadi usaha yang mendatangkan untung banyak.

Melakoni bisnis modal kecil tidaklah mudah. Walaupun modal yang digunakan terbilang kecil, tetapi mungkin bagi para pemula modal kecil ini bisa menjadi terlihat cukup banyak. Pengelolaan usaha kecil ini juga tidak main – main. Keuletan dan kesabaran adalah kunci terpenting dalam menjalankan bisnis usaha kecil karena hasil yang didapatkan tidak akan langsung terlihat signifikan. Bahkan kita bisa saja tidak mendapatkan apa – apa dalam beberapa waktu setelah mendirikan usaha karena masih belum mendapat customer atau klien. Ada beberapa bentuk usaha kecil yang sedang ramai digeluti oleh para mahasiswa. Usaha – usaha kecil berikut tidak termasuk kerja sampingan melainkan usaha yang dimiliki oleh mahasiswa itu sendiri baik secara perorangan atau grup. Usaha – usaha tersebut antara lain adalah usaha franchise makanan, café, jasa, dan lain – lain.

Untuk membuka bisnis kecil yang berhubungan dengan makanan, kita harus mempunyai gambaran makanan apa yang akan dijajakan. Setelah mendapatkan jenis makanannya, kita harus menentukan bentuk penjualannya, contohnya sistem franchise, warung, atau rumahan. Lalu kita menyiapkan rancangan modal dan modalnya dan setelah itu kita bisa memulai untuk berbisnis. Untuk usaha café, kurang lebih sama dengan usaha makanan hanya saja kita juga harus memikirkan tempat yang strategis agar kita bisa mendapat customer secara efektif. Untuk usaha jasa, kita harus menetapkan sasaran usaha kita. Misalnya, kita membuka jasa penerjemahan untuk mahasiswa. Selanjutnya, promosikan jasa kita dengan cara menarik apapun yang sekiranya bisa menarik customer. Bila dilakukan dengan serius dan sabar, bisnis modal kecil kita bisa berkembang sampai level yang tidak kita sangka – sangka.

Tags: #Usaha Sampingan